Ruang penyimpanan pada smartphone Xiaomi terkadang tidak menjadi opsi utama dalam menyimpan file-file penting. Beberapa pengguna butuh penyimpanan awan (cloud storage) untuk menyimpan file secara online. Untungnya Xiaomi punya layanan Mi Cloud yang bisa digunakan secara gratis.

Bagi pengguna yang telah memiliki akun Mi bisa menyimpan file seperti foto, video, kontak, catatan, dll ke dalam layanan penyimpanan awan tersebut. Xiaomi menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Jika masih kurang, tentu saja kamu harus upgrade dengan membeli ruang yang lebih besar.

Mi Cloud

Mi Cloud umumnya digunakan untuk menyimpan file seperti foto dan video. Tujuannya agar file tersebut bisa diambil sewaktu-waktu dari mana saja asal punya gadget dan terhubung ke internet.

Kita bisa mengupload foto/video ke Mi Cloud secara manual atau otomatis dengan mengaktifkan sinkronisasi Mi Cloud ke Galeri.

Sinkronisasi Galeri akan dimulai ketika smartphone terkoneksi dengan internet. Tergantung pilihan, karena kita bisa setting hanya ketika terhubung ke Wi-Fi atau ketika terhubung pada semua koneksi (Wi-Fi dan seluler).

Baca juga  Tips Mengambil Foto pada Malam Hari Menggunakan Xiaomi

Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Mi Cloud

  1. Buka aplikasi Akun Mi atau Setelan dan pilih Akun Mi.
  2. Pilih Mi Cloud.
  3. Pada bagian Menyinkron item pilih Galeri dan aktifkan pada bagian Otomatis cadangkan.
  4. Masih pada bagian Menyinkron item, pilih item untuk di sinkron. Saya sendiri memilih Kontak dan Galeri saja. Silahkan pilih sesuai yang kamu inginkan.

Cara lain untuk melakukan sinkronisasi otomatis isi Galeri ke Mi Cloud bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Setelan.
  2. Pilih Aplikasi sistem.
  3. Pilih Galeri.
  4. Aktifkan bagian Otomatis cadangkan.
  5. Aktifkan Hanya pakai Wi-Fi untuk cadangkan foto dan video. Jika ingin menggunakan jaringan seluler, non-aktifkan saja opsi ini.

Setelah proses pengaturan di atas selesai, maka kamu sudah berhasil mengaktifkan sinkronisasi otomatis dari Galeri ke Mi Cloud. Bagaimana cara menonaktifkan sinkronisasi Mi Cloud? Kamu bisa kembalikan ke setting awal, atau menonaktifkan sinkronisasi melalui aplikasi Akun Mi seperti pada cara pertama.

Lihat juga: Download Tema iPhone X iOS 11 untuk Xiaomi [MIUI 8]

Baca juga  Cara Mengambil Foto Bokeh di Xiaomi Redmi 6A

Itulah informasi cara mengaktifkan sinkronisasi Mi Cloud di Xiaomi. Ada sesuatu yang ingin disampaikan? Jangan ragu untuk menulis pertanyaan di kolom komentar.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here