Cara Mengambil Foto Bokeh Menggunakan Xiaomi

Cara Mengambil Foto Bokeh – Foto yang blur di bagian background atau biasa disebut bokeh lebih mudah diambil jika menggunakan kamera DSLR. Kamera ponsel tidak memiliki kemampuan yang sama dengan dengan kamera digital, mirrorless, atau kamera saku.

Namun, bukan berarti menggunakan kamera ponsel tidak bisa menghasilkan foto bokeh. Tetap bisa, hanya saja mengambil foto bokeh harus mengikuti aturan tertentu agar hasil bisa sesuai yang diinginkan. Maklum saja, kemampuan kamera ponsel seperti Xiaomi tentu tidak sebaik kamera DSLR yang memiliki lensa lebih segalanya.

cara mengambil foto bokeh xiaomi

Pada kamera ponsel, foto bokeh lebih disarankan pada objek yang kecil saja. Jika kamu ingin membuat foto bokeh pada objek yang besar seperti manusia, tentu sangat sulit bahkan mustahil.

Umumnya, kamera Xiaomi hanya mampu mengambil fokus pada objek tertentu pada jarak maksimal 1 meter saja. Itupun tergantung pada ukuran objek, untuk objek yang lebih besar harus berada pada jarak yang agak jauh dari kamera, sehingga blur yang dihasilkan tidak sempurna.

Baca juga  Begini Cara Mengaktifkan Screenshot 3 Jari di Xiaomi

Nah, ada baiknya mengambil foto bokeh pada objek yang kecil saja, misalnya makanan dan minuman. Jika kamu ingin membuat foto bokeh yang sempurna, ada baiknya memulai mengambil objek yang tidak terlalu besar, seperti botol atau gelas minuman. Bisa juga mencoba mengambil foto bunga atau foto benda-benda kecil lainnya.

Sejauh ini, percobaan mengambil foto bokeh Xiaomi lebih bagus jika objek yang di foto berupa benda kecil yang diambil di malam hari. Misalnya kamu mencoba mengambil foto makanan atau minuman ketika nongkrong di cafe, latar belakang lampu yang terlihat jauh disana akan menambah indahnya hasil foto.

Cara Mengambil Foto Bokeh Menggunakan Xiaomi

Berikut cara mengambil foto bokeh dengan smartphone Xiaomi.

  • Setting kamera. Pastikan kamu sudah setting kamera Xiaomi yang kamu gunakan dengan baik dan benar agar hasil foto bisa maksimal.
  • Pilih objek yang tepat. Sebagai percobaan tidak ada salahnya kamu mengambil foto bokeh dengan objek benda sekitar. Misalnya mengambil foto bokeh dan kunci motor sebagai objeknya, atau benda lain yang ada disekitar kamu.
  • Atur jarak kamera dan objek. Banyak orang mengambil gambar tanpa mencoba dengan beberapa jarak berbeda antara kamera dan objek. Jarak tersebut tergantung pada besarnya objek, sehingga kamu harus mencoba beberapa jarak untuk mendapatkan blur yang tepat di background.
  • Pilih background yang tepat. Untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang bagus, background sangat mempengaruhi. Oleh sebab itu kami menyarankan untuk mencoba mengambil foto bokeh di malam hari dengan background lampu yang tampak jauh, sebagaimana telah kami sampaikan diatas. Pilihlah background yang tepat agar foto bokeh kamu sempurna.
  • Jaga kestabilan kamera. Artinya kamera tidak goyang saat pengambilan gambar. Kamu bisa menggunakan tripod atau alat lain untuk meletakkan kamera. Jika tidak punya tidak masalah, kamu bisa mengambil gambar dengan mode timer atau voice, agar kamera tidak goyang saat menekan tombol shutter.
Baca juga  Cara Melihat Foto dan Video yang Disembunyikan di Xiaomi

Selain cara diatas, kamu juga harus mencoba menggunakan beberapa mode. Jika cahaya tidak stabil, sebaiknya gunakan mode manual saja saat mengambil gambar.

Kamu juga bisa memilih White Balance pada mode manual di Xiaomi untuk memilih pencahayaan yang sesuai dengan lokasi pengambilan gambar.

Jika mengambil foto pada malam hari, mode HHT bisa menjadi pilihan untuk mengurangi noise dalam hasil gambar.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Buka Kunci Ketuk Layar 2x di Xiaomi

Demikian informasi tentang cara mengambil foto bokeh menggunakan Xiaomi. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna Xiaomi. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan lupa tulis di kolom komentar.

Credit Foto: facebook.com/XiaomiIndonesia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here